Selasa, 24 Mei 2016

STIK....Yang gak Sitik (sedikit : Jawa)

STIK...

Salah satu kegemaran gw..yaitu masak..


Berat per gramnya sekitar 200 gr


Menu ini paling di suka sama Azizah, Anak Sulung gw.
Yahh...di bandingin sama Resto2 ternama sih gak seberapa, tapi..dg Duit yg cekak, gw bisa puas makan stik sampe Mblenger...

dengan Kisaran bobot stik 200 - 300 gram, modalnya gak sampe 50K/Porsi,

Bahan yg gw suka malah sapi lokal, dengan rasa yg masih sapi banget.....syaratnya daging harus Fresh..bukan daging beku...

Sedikit berbagi ala gw..

Bahan :
1. Daging sapi segar berat 200gr
2. Lada Putih
3. Garam

Saus
1. Saus Barbeque instant
2. Tomat Segar, di cincang
3. Oregano
4. Lada hitam
5. Saus Cabai
6. Bawang Putih, Cincang halus
7. Bawang Bombay, Cincang halus

Additional
1. Kacang polong
2. Jagung manis pipilan
3. Buncis Potongan, ketiganya biasanya jadi satu dalam kemasan beku
4. Kentang Segar bulat, potong memanjang..goreng sama kulitnya.

Gw lebih suka klo stik itu daging yg gak di marinage dg bumbu barbeque, daging segar, cukup di tusuk2 garpu taburi garam dan lada... biar wangi2 dikit, kasih herb, macam oregano. Selanjutnya, panasin pan Stik yg di olesi margarin (dikit aja), atau bakar langsung di panggangan (Ini perlu ritual nyalain Bara dulu..so F*****g Long time....:~)

Durasi pemanggangan 3 - 4 minute dengan temperatur kira2 (kira-kiranya gw, kalo pas di kasih margarin...sampe ngebul..trus apinya sedeng aja), untuk Medium Rare...
Gw suka klas ini krn dagingnya masih empuk..

Untuk Jelasnya, bisa liat Tabel ini (nyontek bin Copas dr gugle)







Dan itu gw praktekkan.... sesuai dengan keterangan gambar di atas....
Tapi inget, jangan lu bolak balik, jadi setiap sisi, tunggu waktunya sesuai tingkat kematangan yang diinginkan, terus lu balik ke sisi yg lain, jadi 2 kali balikkan langsung kelar...  

Saat memanggang biasanya keluar tuh cairan kaldu dagingnya, yg ini jangan di buang, di tampung, dan setelah selesai masak stik pannya di pakai untuk memasak Saus

Caranya :
Goreng bawang putih, sama bawang bombay sampai layu, masukkan lada hitam, tomat segar, trus bumbu instant barbeque, masukkan kaldu daging sisa pemanggangan daging, masukkan oregano, klo mau ada citarasa pedas, tambahkan saos sambal. Kadang gw juga iseng nambahin kecap Inggris, bahkan peresan jeruk nipis, tambahin air sedikit, tunggu sampai agak kental. nah jadi deh...

ini Hasilnya...

 
Sisi Pertama 3 Menit

Dibalik Hasilnya seperti ini

Masak beberapa sayuran

Hasil Akhir, Kadang nambahin salad Biar banyak porsinya...:D


Itu hasil karya gw, dan puas makannya....hahahahha....Untuk kapasitas 4 Orang Kira2 Budgetnya 200K an...heheheheh...



Slurrppptttt..............nyaaammmmm...................................................











Tidak ada komentar:

Posting Komentar